Tentang Yamaha R25

R25_1

 

Selamat sore, berhubung ini blog baru dan saya bingung mau mulai dari mana, kita bahas saja Yamaha R25, yang lagi panas-panasnya dibahas di dunia maya. Saudara kandung R15 ini dikabarkan akan meluncur perdana di Indonesia, setelah video RevStation beredar, banyak yang mengira R25 akan diluncurkan 25 Maret kemaren, dan ternyata hanya Tricity yang ada di dalam websitenya.

Tapi itu bukan berarti kebohongan bro, karena di metadatanya http://global.yamaha-motor.com/showroom/revstation/ masih ada kata2 R25 dan masih ada satu projek lagi yang sudah bisa dipastikan R25, hanya kapan pastinya, hanya YIMM dan Tuhan YME yang tahu.

Nah, saya ngerangkum data2 yang ada di Internet jadi satu nih, segala hal bocoran tentang R25 2 silinder ini, sebagai berikut =

1. Peluncuran perdananya di Indonesia

Kenapa saya bisa yakin? Ya karena produksinya di Indonesia masa Indonesia ga diduluin, lawannya di Indonesia juga ga main-main, ada Ninja 250FI, Ninja RR Mono, dan CBR250R 2014 yang dual headlamp ( dual cylindernya mana? ) dan Kawasaki ngeluncurin 250-nya semua perdana di Indonesia. Jadi, kalo mau head-on ini harus diperhatikan.

Waktunya kapan?

Saya gabisa terlalu akurat, tapi kira-kira antara Mei-Juli 2014, Mei bersumber dari http://dapurpacu.com/yamaha-r25-versi-produksi-akan-debut-dunia-dari-indonesia/ yang disana bersumber dari petinggi YIMM. Walaupun masih simpang siur dengan ini http://rudysoul.com/2014/03/18/r25-launching-junitidak-semua-dealer-bisa-jualsoal-harga-akan-jadi-kejutan/

Informasi kedua menerangkan bahwa R25 akan dilaunching Bulan Juni,dan tidak semua dealer dapat menjual R25.
Atau hanya dealer dengan kode R shop saja yang bisa menjual R25.
Bocoran harga yang diberikan adalah range 45 -50 juta.

Kalau mau indent juga sudah bisa cukup menyerahkan foto copy KTP, selanjutnya akan di data terlebih dahulu.

Saya belum ngecek indennya sih, ada yang mau? Nah, dulu juga terdengar banyak sekali kabar bahwa R25 adalah setelah lebaran ato kira2 akhir Juli-awal Agustus. Berarti antara bulan-bulan tersebut paling telat awal Agustus. Semoga saja sih dipercepat biar ga basi.

2. Wujudnya pasti seperti di teaser Revstation

Ya, gambar teasernya seperti di atas tersebut adalah kemungkinan besar wujud mass-pro R25. Dengan headlamp seperti CBR600RR 2013/Panigale 1199/899 tersebut membedakan dirinya dari sport 250cc lain. Terus terang, saya suka sekali headlamp seperti ini karena tajam dan terlihat agresif, semoga LED walopun sulit. Desain bisa lebih lanjut di http://isalpoiyo.wordpress.com/2014/03/17/sketsa-produksi-massal-yamaha-r25/ disitu dibahas kemiripan desain tangki dengan video nya saat ditunggangi Rossi di videonya pertama kali. Jadi, wujud hampir jelas tinggal Mud guardnya ( spakbor ) semoga saja seperti kakanya ( R6 ).

Oh iya, sein seperti NVL dan R15 Indo

3. No Monocross suspension and (hopefully not) No LED brake light

Yang saya tahu, seluruh gen R-series Yamaha menggunakan Monocross suspension dan LED brake light, bahkan R15 dan R125. Kenapa Yamaha membuangnya di R25? Saya tidak tahu, untuk menekan harga kah? Tapi beda 2-3 juta untuk  mendapat semua itu sepertinya sepadan sebagai diferensiasi dengan Ninja dan CBR. Padahal semua orang mengharap LED brake light kalo bisa headlampnya sekalian pake LED. Lalu speedometer seperti biasa RPM jarum dan lainnya digital.

http://iwanbanaran.com/2014/03/23/yamaha-r25-disinyalir-belum-dijejali-led-stoplamp-masalah-nggak-buat-sampeyan/

Hal ini berdasarkan testimoni salah satu sumber yang melihat bahwa lampu belakang masih menganut lampu bohlam biasa alias bukan Light Emitting Diode.

Dipastikan R25 belum dicangkokin supensi Monocross. Tidak ada link cushion yang menghubungkan suspensi kelengan ayun. Dengan kata lain langsung kearm tengah.

http://iwanbanaran.com/2014/02/22/confirmed-swing-arm-yamaha-r25-tidak-menggunakan-material-die-cast-aluminium/

Karena penasaran IWB menanyakan material komponen arm supaya semua gamblang.“Confirm bukan almu kang….” serunya mementahkan harapan kita semua.

No deltabox, no Alumunium rear-arm, no under-yoke handlebar

 

Ya begitulah, kira-kira bayangan untuk R25 kalo ada lagi saya tambahkan semoga bisa memuaskan mereka yang menunggunya seperti saya dan semoga tidak over-estimated. Semoga saja launchingnya akhir Mei lalu OTR Juni hahaha.

Advertisements

4 thoughts on “Tentang Yamaha R25

  1. Pingback: Selidik wujud asli R25 | MotoRevv

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s