Apa yang kita ketahui dan apa yang kurang dari YZF-R25

Setelah banjirnya spyshoot dimana2 menjelaskan bagaimana bentuk fisik dari R25, kita telah mengetahui bagaimana bentuk over-all nya. Tetapi, kok sepertinya ada yang mengganjal di desain tersebut. Ini bro gue buat daftarnya :

1. Warna body

Saya jujur terkejut ketika melihat spyshoot R25 berwarna merah, dalam hati saya bergumam “apa ini?”. Ya, warna body R25 bukanlah warna seperti yang Yamaha gunakan di motorsportnya. Disini maksud saya adalah warna body yang merah dan putih, kalo warna yang bagian hitam body doff sih sudah cukup bagus. Tapi, kalian pernah lihat NVL warna merah? Baik di foto maupun di lihat aslinya, warna merahnya manis sekali tetapi garang juga karena merahnya merah kehitaman atau merah marun, membuat orang yang melihatnya menengok. Merah seperti ini :

tapi kenapa merah yang digunakan Yamaha untuk R25-nya malah merah seperti agak pink, malah mirip CBR series di Indonesia dan tidak elegan sama sekali, malah mirip Minerva. Seperti ini :

Lihat di atas? Perbedaan warnanya. Bahkan pantulan warnanya jelek sekali. Kalau bagian body yang hitam sih cukup bagus. Merahnya itu loh, sangat mengganggu mata. Memang sih bisa diganti dengan warna lain sesudah sampai di tangan, tetapi kenapa ga sekalian dikasih yang bagus?

Semoga finalnya bukan seperti ini, bisa dipercantik lagi. Aminn.

2. Kondom tanki

Kondom tanki yang katanya digunakan di MotoGP ini menurut saya menurunkan tingkat desain R25 agak curam. Karena mirip sekali dengan byson, desain lekukannya pun tidak tajam, dan bahannya kondom kalah dengan yang dipakai Ninja250 dan CBR yang tidak ber-kondom. Dan satu lagi, warna hitam yang memanjang di tengah mengganggu mata sekali, dari keluarga YZF tidak ada satupun yang ada garis hitam memanjang seperti itu, dan menurut saya penggunaan kondom dibanding plat jelek sekali.

3. Livery-nya jelek sekali

Kalian bisa dilihat di atas bagaimana lihainya desainer Yamaha mendesain livery merah putih hitam untuk R25? Bandingkan dengan ini :

Apa ini? bahkan jika dibandingkan dengan R15, R25 kalah telak. Telak.

Tidak ada grafis lain untuk mempercantik motor 250cc ini hanya kata R25 dan Yamaha beserta sedikit grafis hitam saja. Desain tulisan R25 pun tidak sesuai dengan yang biasa digunakan di R-series, seharusnya kata R25 tajam dan bersudut. Ini malah, sekali lagi, mirip Minerva.

 

Demikian, disini saya juga menyebutkan kelemahan2 kecil di R25 :

– NO monocross suspension, ini sih sudah pada tahu semua ya, satu2nya keluarga YZF tidak ber-monocross. Ataukah Yamaha membenamkan sistem suspensi baru bagi R25? Kita berharap saja.

– Sein lamp kok model lama, ya semoga ini bukan finalnya, mungkin nanti diganti dengan yang mirip NVL ataukah ada sein yang gabung di headlamp?

– Model kaliper rem depan berbeda dengan yang masspro.

– Stang di atas yoke, tapi sepertinya ada jarak cukup antara fairing dan stang untuk menggantinya dengan underyoke. Semoga saja.

– Belum ada sinyal-sinyal versi ABS sama sekali.

Tapi, dari spyshoot itu ada juga kelebihannya yang belum kita tahu sebelumnya : 

– LED Taillight, yak setelah dulu sempat ada rumor menggunakan taillight konvensional, LED merupakan penyejuk hati.

– Futuristic headlamp, tapi belum diketahui apakah HID, LED, atau bohlam biasa. Tetapi katanya pancaran sinarnya putih seperti LED Vario 110Fi

– spakbor menggantung yang panjang.

– muffler midship membuat CoG lebih ke bawah.

– Full-floating disc untuk cakram depan.

– desain footstep baik depan ataupun belakang racy dan elegan.

– Desain velg lebar palang 10.

– Desain spion tidak membulat

– Adanya lampu kecil di bawah windshield.

 

Sekarang, kita tinggal menunggu gambar official dari Yamaha, semoga kekurangannya telah dibenahi. Dan misteri masih ada di mesinnya, apakah menggunakan Cross-plane crankshaft?

Saya pun berniat meminangnya begitu inden online dimulai, tetapi sedikit kecewa dengan penampilannya, untuk desain sih bagus sekali.

Advertisements

2 thoughts on “Apa yang kita ketahui dan apa yang kurang dari YZF-R25

  1. jelek… bukan krn gw pny N250FI ya,. kl secara umum/overall, bagus gk nya itu selera,. tp kl secara detail, masi bagusan N250FI..
    1. sein jadul membulat depan blakang,. n depan nongol.. WTF, headlamp boleh aja tajam,. tp bbrp detail kyk gk sinkron,. salah satuny ya sen yg membulat.. apalagi nongol gt bagian depan.. so yesterday bgt..
    2. lampu/mata kucing di spakbor?? jd inget motor2 jaman dulu..
    3. buntut panjang (bgt)??? helloh,. 10 taun lalu mungkin masi keren.. tp skrng rata2 motor sport buntut pendek.. minimal sama ma ban belakang.. ini panjang bgt,.apalagi spakbor belakang.. liat aja panigale, aprilia RSV4 semua motor2 yg all new, udh buntut pendek..
    4. tangki kecil bgt.. n pendek..
    5. sasisnya kecil..
    6. fairing atas n headlamp kykny kurang nunduk.. jadinya ada gap lebar antara fairing depan sm spakbor depan.. fork-ny terekspose jelas bgt.. mending kl USD keker gede..

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s